Ruangkerjacreative.com – Ditengah kesibukan kedua band, The Sailors dan LOR merilis single kolaborasi yang berjudul ‘Senandung Utara’ ‘Senandung Utara’ digarap dengan cepat, padat, dan jelas sebab kedua band ini lagi sibuk dan’punya gawe’ yakni The Sailors dengan EP nya dan LOR dengan albumnya.

Sebelumnya lagu ini merupakan stok lama yg dimiliki oleh LOR dan hanya pernah dibawakan satu kali untuk seru seruan, gak pernah terpikirkan bakal di garap lebih lanjut sebelumnya, karna moodnya beda dengan lagu lagu LOR lainnya.

“Kolaborasi kami ini jadi dilaksanakan dengan stok lagu yang pernah dibuat, tepatnya dipakai buat intro pas lor manggung pertama kali dan hanya sekali doang. juga lagu ini beda moodnya sama lagu lor yang lain.” Ujar Ghiffari

Lebih lanjut, Pradana Samara as The Sailors mengaku bahwa dirinya sempat berpikir untuk membuat single sendirian, namun pada akhirnya ia mengajak LOR untuk realisasi singlenya. “Aku sempet kepikiran bikin single, tapi males bikin sendiri jadi aku ngajak LOR buat bikin single ini.” ujar Dana.

Dalam proses penggarapannya, Dana mengarahkan guide gitar agar sesuai dengan mood-nya. Uniknya, lirik lagu dari single ‘Senandung Utara’ ini sebenarnya belum selesai, nanum tetap direalisasikan sebagai single kolaborasi.

“Awalnya aku buat guide dengan arahanku yang lebih mengarah moodnya seperti soundtrack film The Good and The Bad and The Ugly yang diarahkan oleh Ennio Morricone untuk pembuatan soundtracknya. tapi karena waktu yang sangat singkat penulisan lirik pun tidak selesai.” lanjut Dana.

Ada apa di Utara?

Single tersebut merupakan keluh kesah Dana as The Sailors, warga tepi utara Kabupaten Sleman. Cebongan yang merupakan salah satu kecamatan di wilayah Sleman menjadi tempat bernaung The Sailors.

Pradana Samara mengaku resah pada kasus klitih yang banyak terjadi di tepi utara DIY, khususnya wilayah Kabupaten Sleman. Beberapa penggal lirik merepresentasikan keberaniannya dalam menghadapi klitih. Dengan keberanian dan keyakinan, ia mengaku tidak takut dengan klitih, meski sebenarnya Dana sendiri juga belum pernah menghadapi klitih.

“Lagu ini adalah penggambaran klitih, namun kutakkan gentar menghadang, bila ku sampai di ujung kota. mari anak klitih kuhadang kau di ujung kota” ujar Dana

Lain cerita dengan Ghiffari, salah satu personil LOR yang rajin dolan ngidul ini punya keresahan yang mungkin banyak dirasakan oleh para Remaja Pulang Pagi. Sebagai anak kos, Ghiffari seringkali ingin pindah kos agar lebih dekat dengan pusat kota. Ia mengaku jenuh harus balik ke utara. “kejenuhan balik ke utara, jauh. apa pindah kost aja ya.” ujar Ghiffari

Single kolaborasi The Sailors dan LOR yang berjudul ‘Senandung Utara’ ini akan Segera tersedia di Digital Streaming platform.

%d bloggers like this: