Ruangkerjacreative.com – Sludge Factory terbentuk di Yogyakarta pada tanggal 28 Agustus 2019. Band yang beranggotakan Berly Nusantara (Bass/Voc), Adam Katsu (Guitar/Voc), Jum Satriani (Guitar) dan Sid Isa (Drums) ini sepakat mengusung Grunge sebagai identitas musik mereka. Pemilihan nama Sludge Factory sendiri cukup sederhana, berawal dari membuat grup WA dan dinamai Sludge Factory, judul lagu dari Alice in Chains salah satu group band favorit mereka.

Proses kreatif pembuatan karya bisa dibilang cukup cepat. Hanya beselang 2 minggu, mereka berhasil membuat 2 materi lagu, “Ryzyk Goes To Heaven” dan “Universal Idol”. Setelah gigs pertama di bulan Oktober 2019, Sludge Factory berhasil membuat 1 materi lagu lagi berjudul “Fear”.

Berbekal 3 buah lagu, Adam memantik personil yang lain untuk merekam lagu- lagu tersebut. Bulan Januari 2020 akhirnya master dari 3 lagu tersebut berhasil direkam kemudian dirilis dalam format mini album berbentuk CD pada bulan Mei 2020. Disusul format digital pada bulan Juni 2020.

Pada bulan Januari 2021, Sludge Factory sepakat menjalin kerjasama dengan Frogsrec. Akhirnya di tanggal 17 Februari 2021, mini album “Fear” dirilis ulang dibawah bendera Frogsrec.