Ruangkerjacreative.com – “ NJONDHIL “ merupakan single kedua dari kolaborasi GNTZ dan MAHIJADEDI setelah lagu Pemuda Gapi. Lagu ini bercerita tentang fenomena yang terjadi di masyarakat era 4.0 . Dari permasalahan hak cipta lagu maupun video, saling pamer kemewahan, konten prank youtube yang tidak mengindahkan etika dan moral, teori konspirasi, netizen yang maha benar dan berbagai hiruk pikuknya media sosial.

GNTZ dan MAHIJADEDI memiliki ritual sendiri dalam penulisan lagu yaitu diskusi di meja makan saat malam hari. Cara ini menjadi cukup efektif untuk melahirkan ide lirik bagi GNTZ dan MAHIJADEDI. Lagu NJONDHIL ini diproduksi di JOGJA AUDIO SCHOOL dan diproduseri oleh Redaksi GNTZ.

Sedangkan untuk musiknya digarap GNTZ sendiri. GNTZ sendiri merupakan pelaku lama yang ikut andil dalam perkembangan musik hip hop di Indonesia dari tahun 94. Karirnya dimulai dari Group NFA, G-Tribe, Calludra, Rotra, dan sekarang masih aktif di JOGJA HIPHOP FOUNDATION. Di tahun 2019 GNTZ mengeluarkan album solonya yang bertajuk GNTZ+ dan disambung album kedua ditahun 2020 yang bertajuk Acoustik Rap mBLUESuk.

Sedangkan MAHIJADEDI merupakan Grup Rap Baru yang terbentuk tahun 2018 dan sudah mengeluarkan satu album yang bertajuk LAKON RABI KERI. GNTZ X MAHIJADEDI merupakan kolaborasi lintas generasi yang bertujuan menyatukan energi untuk saling melengkapi dalam menghadapai industri musik yang semakin kompleks.

Video klip “ NJONDHIL “ dikerjakan selama 3 hari di 3 lokasi yaitu di Samara Studio, Raminten Cabaret Show, dan di Dae Janggeum pada bulan Agustus 2020. Dibandingkan sebelumnya, video klip kali ini melibatkan banyak talent seperti Dancer, B-Boy, Raminten Cabaret Show dan ada penampilan spesial dari Cella Kotak ( Gitaris Kotak Band ) dan Uci Farantika ( Penyanyi Dangdut ). Video Klip lagu “ NJONDHIL ” resmi rilis di laman Youtube Anto Gantazz , Sabtu ( 10 /10/2020) jam 20.20 wib. Dan Lagu “ Njondhil ” sudah bisa didengar melalui berbagai platform digital.