Ruang Kerja Creative

Hot News

“Rizkia” Wanita Bersahaja Yang Mencintai Pekerjaannya Menjadi Barista

Di Indonesia adalah penghasil kopi terbaik,akan tetapi kesadaran akan masyarakat tentang kopi masih kurang, banyak yang menggap kopi itu tidak baik buat kesehatan. Kopi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, karena kopi mengandung antioksidasi dan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.Kali ini “Ruang Kerja Creative” berkesempatan mewawancarai salah satu barista bernama RizkiaAilani, yang kesehariannya menjadi barista di salah satu Coffee di Bumiayu.

 Rizkia mulai kapan terjun menjadi Barista ?

Sejak bulan oktober taun 2017. Saat itu gak ada niatan untuk bener2 jadi barista,karna waktu itu butuh kerjaan,dan apa aja,eh taunya masuk jadi barista dadakan

 Apa yang membuat Rizkia akhirnya mencintai pekerjaan menjadi Barista ?

Awalnya biasanya aja,karna setau aku bikin kopi itu ya kaya gitu2 aja,gak ada cara khusus untuk membuat si kopi itu menjadi enak. Sampe ada salah satu konsumen yang ngomong soal pesenan kopinya saat itu dia minta V60 dengan single originnya gayo,dan si konsumen itu minta dengan suhu dan grinder tertentu,dari situ aku mikir,bikin kopi aja harus ini itu lha, Pelan pelan aku mulai browsing dan berguru ke barista2 bumiayu,dari situ muncul keinginan buat les privat barista,dan ternyata biayanya tuh gak murah lho,dari situ aku jadi makin tau kalau jadi barista itu bukan jabatan yang gampang di dapet,butuh keahlian dan pengetahuan banyak soal kopi,makannya sekarang aku tuh cinta banget sama kerjaan aku sekarang,sempet ditawarin ngajar di sd (karna kuliahku pgsd) tapi aku lebih memilih jadi barista,dan sampe sekarang pun aku masih belajar terus terus dan terus tentang kopi

Apa pesan buat masyarakat, karena belum banyak yang tau tentang manfaat kopi itu sendiri, dan masih banyak yang mengangap kopi itu bahaya bagi kesehatan, bagaimana kamu menyikapinya ?

Di Indonesia, kopi itu bukan hal yang asing.Apalagi masyarakat di beberapa daerah yang menjadikan kopi sebagai gaya hidup, rutinitas harian. Tak hanya soal kebiasaan minum kopi, namun beberapa daerah di Indonesia juga terkenal menghasilkan biji kopi,kaya kopi dari Sumatera, kopi Toraja, kopi Aceh Gayo, kopi Bali Kintamani, kopi Papua Wamena, kopi Flores Bajawa, dan kopi Jawa.

Sekarang kopi hadir dengan banyak variasi.kalau zaman dulu orang cuma tahu kopi tubruk atau kopi susu,sekarang baik jenis biji kopi,teknik peracikan,bahan,sampe penyajian kopi lebih menarik. Banyak profesi baru yang melahirkan sajian kreatif kaya cita rasa dalam secangkir kopi.

Lho, bukannya kopi berbahaya buat hati seseorang? Ini aku tau dari pengalamanku ikut acara kemaren,bumiayu menyeduh di pesantren Alhikmah Benda

Kandungan antioksidan yang ada di dalam kopi diyakini mampu melindungi organ hati dari kerusakan. Penelitian yang dilakukan di Rotterdam, Belanda ini melibatkan 2.424 peserta penelitian. Rata-rata umur peserta penelitian adalah 45 tahun keatas.

Hasilnya, ditemukan bahwa peserta penelitian yang sering minum kopi memiliki risiko lebih rendah terkena fibrosis hati dan sirosis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kebiasaan minum kopi memiliki efek menguntungkan, yaitu mencegah jaringan parut hati atau sirosis bahkan sebelum penyakit ini berkembang.erhadap kafein yang berbeda-beda.

Kandungan kafein dalam kopi bukanlah nutrisi seperti vitamin dan mineral, melainkan dianggap sebagai zat stimulan dalam tubuh. Karena itu, hati akan bekerja lebih keras untuk “membersihkan” kafein dari sistem kita, tidak diserap dan dimetabolisme seperti zat gizi lainnya.Tergantung pada jenis kopi, cara pengolahan, dan tingkat toleransi masing-masing terhadap kafein. Hehehe

Kalau di suruh milih sama orang tua, kamu milih jadi guu apa menjadi barista ?

Hahaha,gimana yah? Pengennya dua – duanya biar kesampean, tapi aku lebih condong ke baristanya sih,Ada keinginan pengen punya coffeshop sendiri,siangnya kerja malemnya buka coffe,jadi guru gak harus ngajar disekolah kok.Jadi barista sama Guru itu hampir sama menurut aku sih,barista tetep berbagi ilmu bikin kopi,guru juga berbagi ilmu soal ilmu pengetahuan,cuma beda bidangnya aja

Tipikal cowok idolamu seperti apa ?apa harus barista atau seorang guru ?

Wkwkwk klo itu jawabane bingung,yang penting dia nrima apa adanya gak harus yang punya jabatan tinggi,yang penting dia tau gimana menghidupi keluarganya,dia tau gimana cara mendidik keluarganya,terutama dalam hal agama,karna agama itu buat aku pondasi kehidupan.

Pertanyaan terakhir ni, terus metode seduh apa yang kamu sukai ? alasannya ?

Metode V60 mas,soale metode itu banyak akarnya,kaya kita harus bermain rasio,suhu,tekstur,misal kopi robusta dibikin v60 itu kan jarang,gimana kita bisa buat si robusta itu jadi enak.

 

 

 

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *