Ruangkerjacreative.com – Three-ring Circus” rupanya menjadi awal untuk semua mimpi buruk yang terjadi pada Oddwain selama setahun terakhir. Bagaimana tidak, selepas single ini dirilis, mereka harus kehilangan dua personil mereka di tahun 2020. Kehilangan ini menjadi terasa semakin berat karena harus dihadapi di masa pandemi yang turut mempersempit ruang gerak Oddwain. Padahal, justru di masa ini lah Oddwain memerlukan dukungan, setidaknya dari personilnya sendiri. Masa berat ini mentransformasi Oddwain menjadi unit yang (semoga) lebih tangguh, dan ini berusaha dibuktikan lewat perilisan single teranyar mereka, “Radiance”.

“Radiance” dirilis dengan formasi Oddwain sebagai duo. Bekerja sama dengan brand clothing dengan semangat kedaerahan Malang yang tinggi, OYISAM!, “Radiance” dipakai untuk membuka trilogi EMOTIONAL TRIP, sebuah trilogi yang menanungi perilisan “Radiance” dan karya-karya lainnya secara berkala. EMOTIONAL TRIP sendiri diperkirakan akan berjalan selama 2 – 3 bulan.

Ide awal “Radiance” muncul dari pertanyaan Oddwain terhadap moral. Kontemplasi yang dalam membawa Oddwain pada jawaban, bahwa moral memang memberikan mereka daya lewat simplifikasi atas realita ke dalam wilayah hitam-putih, baik-buruk. Dikotomi ini tentu saja memiliki strata, bahwa yang baik lebih tinggi daripada yang buruk, maka, apapun hal baik yang dilakukan dan terjadi pada mereka akan membuat mereka merasa memiliki derajat yang lebih tinggi. Namun di sisi lain, Oddwain juga menyadari bahwa moral mampu menyembunyikan berbagai hal yang berada dalam wilayah spektrum antara hitam-putih. Pelabelan sesuatu menjadi hitam-putih pun dianggap mempunyai potensi bermasalah. Konseptualisasi inilah yang menjadi kerangka dasar pembentukan musik dan lirik “Radiance”

Puas dengan penggarapan musik dan lirik, Oddwain berusaha memberikan visualisasi yang tepat untuk “Radiance”. Artwork “Radiance” dipercayakan kepada Febryan Nur Aziz dari KNYG Graphic Studio.  Artwork ini didesain untuk menggambarkan “Radiance” secara holistik, dari musik, lirik, hingga pengalaman yang diperkirakan akan didapatkan pendengar saat memutar “Radiance”.

“Radiance” diharapkan dapat menjadi pembuka yang tegas untuk trilogi EMOTIONAL TRIP. Tentunya Oddwain dan OYISAM! punya alasan tersendiri saat memilih lagu yang menghentak ini untuk mengisi part pertama triloginya. Alasan ini akan terkuak di akhir trilogi EMOTIONAL TRIP karena semua rilisan di bawah trilogi ini telah ditata sedemikian rupa untuk memberikan pengalaman tersendiri bagi pendengar.

Lewat single ini, Oddwain bersama OYISAM! mendeklarasikan bahwa selama 2 – 3 bulan ke depan  mereka akan merilis beberapa karya secara konsisten lewat trilogi EMOTIONAL TRIP. Trilogi ini sangat disarankan untuk diikuti dari awal sampai akhir untuk mendapatkan pengalaman yang menyeluruh, serta mendapatkan makna yang utuh dari semua rangkaian perjalanan EMOTIONAL TRIP.