Ruangkerjacreative.com – “Montage” menjadi single kedua Niskala yang dirilis semasa pandemi. Sebelumnya, Niskala mengajak pendengarnya untuk berkontemplasi melalui lagu berjudul “Stadium IV” yang muncul pada awal tahun 2020. Lagu ini direkam di tiga studio berbeda diantaranya; Padepokan Seni Bagong Kussudiardja, Neverland Studio, dan disempurnakan di 101 Music Studio. Proses mixing dan mastering digarap oleh Bobby Marsatya, selaku orang dalam yang selama ini bertanggung jawab dalam merapihkan suara hasil rekaman Niskala.

Beradaptasi dengan pandemi, proses rekaman lagu ini menyita lebih-kurang 7 bulan lamanya. Terhitung sejak kerangka awal lagu diumumkan pada bulan Juni 2020, dan sepakat dibungkus pada Desember 2020. Berbeda dengan single sebelumnya, kali ini Niskala sengaja untuk tidak melibatkan kolaborator dalam proses penggarapan “Montage”. Mereka secara eksklusif menambahkan beberapa isian instrumen yang terdengar asing pada beberapa bagian lagu, sebagai kejutan dari karya-karya sebelumnya.

Setelah “Montage” ini, Niskala berencana untuk menggarap beberapa single yang pada ujungnya terhimpun dalam satu tema cerita. Mungkin “Montage” bisa menjadi jembatan pendengar sebelum memasuki area kelana Niskala setelah album “Hourglass”. Dengarkan, bedah, simpulkan sendiri dan miliki utuh pengalaman dari karya “Montage” di berbagai digital streaming platforms kesukaanmu.