Ruangkerjacreative.com – Perkembangan tekhnologi tidak bisa dihindari. Era yang semakin maju dan terus melaju begitu cepat, para pembisnis berputar otak, tak banyak yang bisa memanfaatkan dengan baik. Untuk mengantisipasi semua itu butuh strategi supaya kita siap menghadapi era digital.

Era digital membuat kita lebih mudah untuk mengakses apapun.  Pada era 1990-an ke bawah, akses pada referensi musik sangat terbatas.  Kebanyakan orang mendengarkan musik dari sumber utama seperti televisi, radio, toko musik. Sedangkan pada era 2000-an, orang bisa mengakses musik apapun di seluruh duniapun bisa kita kita akses.

Yang harus dilakukan oleh musisi supaya bisa memanfaatkan era digital dengan baik yang pertama adalah harus produktif dengan membuat lagu dan memasarkan lewat digital atau mengupload karya kita ke YouTube. Tentunya kita juga harus melihat kualitas karya yang kita upload supaya orang melihat band kita berkualitas. Untuk bekerjasama memasarkan lagu atau karya kita di gerai digital juga cukup mudah, ada beberapa web yang sangat memebantu, misalkan www.netrilis.com, disana kalian bisa dengan mudah mengakses dan memasarkan karya kita di gerai digital.

Kita juga harus aktif di media sosial untuk mempromosikan karya – karya kita, karena di era sekarang kita memikirkan konsep saja besoknya pasti sudah ada orang yang melakukannya. Untuk itu kita harus bekerja extra untuk bisa memanfaatkan era digital ini supaya kita tidak tertinggal oleh yang lain.

oleh @memet_gokil

 

%d bloggers like this: