Ruangkerjacreative.com – Pak Rob Sugiman (70th) atau kerap disapa Mbah Man bermain film layar lebar mulai dari tahun 90-an, aktor kelahiran Jogja, 8 Agustus tahun 1952 ini sudah banyak memerankan film layar lebar nasional, seperti Wali Songo berperan sebagai orang jawa yang sedang belajar agama islam, Angling Dharma menjadi sesepuh & punggawa kraton, Mak Lampir jadi sesepuh dan beberapa sinetron seperti Suratan Takdir dan Kuasa illahi.

Ingatannya masih cukup kuat mengenang masalalunya semasa masih sibuk dengan dunia seni, beliau menceritakan awal mula terjun menjadi aktor. “Saya adalah pensiunan PNS PD Pasarjaya Blok M, tahun 69, dulu saya belajar akting bermain film awalnya ikut agensi  Bu Yana di Cibubur tahun 90-an, kemudian memperdalam akting dirumah bersama teman – teman yang lebih dulu terjun di film”. Mbah Man.

Setelah istri tercinta meninggal dunia Mbah Man berhenti bermain film pada tahun 2012 memilih kembali ke Jogja dan tinggal di daerah Sleman.  Beliau menuturkan semenjak kehilangan istrinya rasa semangat dalam diri lenyap dan tidak ada gairah untuk bermain film, dan sekarang lebih fokus untuk menenangkan diri dan menikmati masa tuanya  di Jogja.

Meski saat ini Mbah Man menjadi tukang bersih – bersih dan tukang kebun beliau menjalani dengan penuh kepasrahan,” ya sekarang juga nyambi jadi tukang urut, pijit dan kerik di desa, nggak malu karena kebutuhan, sekarang nggak mau neko – neko, bersyukur sampai saat ini masih diberi kesehatan dan bisa hidup bahagia di desa” Tutup Mbah Man kepada Ruang Kerja Creative.