Ruangkerjacreative.com – 17 Tahun bermusik, kini Yulia Candra (Julia) memberanikan diri untuk berkarya secara mandiri. Tepat Minggu 25 Juli 2021, Julia mengenalkan karya solonya berjudul Sekali Lagi yang sudah mengudara di gerai-gerai musik digital. Yulia juga membuat brand baru namanya dengan sebutan JULIA.

Dalam belantika musik Jogja sendiri, nama Julia sebenarnya sudah sangat ikonik dengan LaQuena, grup band bergenre pop rock yang sudah membesarkan namanya sejak 2003. Sebelumnya LaQuena sendiri sudah mengeluarkan tiga album, satu di antaranya adalah mini album.

Julia mengatakan bahwa proyek solo JULIA ini sebenarnya melanjutkan langkahnya sebagai penyanyi solo. Pada 2015 silam, Julia juga sempat merilis satu lagu berjudul Melawan Perih, yang dirilis dalam album kompilasi GUITARFRIEND, album kompilasi persahabatan musisi Alamanda Musicorner.

“Jadi setelah proyek solo lagu Melawan Perih itu, aku justru semangat untuk membuat karya lagi. Tujuannya ya aku ingin membuktikan bahwa aku bisa menyuguhkan musik yang sedikit berbeda dari LaQuena. Bisa dibilang JULIA menjadi identitas baru yang selama ini sudah sangat melekat dengan LaQuena,” ujar Julia mengawali.

Menurutnya, lagu Sekali Lagi ini jadi warna baru buat dia. Sebab jauh dari image ‘lady rocker’ yang disematkan padanya saat masih aktif bareng LaQuena. Lagu Sekali Lagi ini diramu dengan nuansa Japanese Pop (J-Pop) yang sarat dengan keceriaan dan semangat baru.

“Lagu ini adalah harapan tentang kehidupan baru yang lebih baik. Bagaimana kita menyikapi perubahan atau hal buruk yang terjadi dalam hidup kita, dengan persepsi positif dan optimisme tinggi bahwa tiada perjuangan hidup yang sia-sia. Sebab tindakan baik pasti akan membawa kebaikan,” kata Julia.

Lagu Sekali Lagi ini bagi Julia juga terasa spesial karena penggarapan aransemennya dibantu Garry Mailangkay, teman baik sekaligus partnernya di LaQuena. Hasil poles akhir audionya juga dilakukan di Gosnells Audio, home studio recording milik Garry.

“Semua simpel saja prosesnya. Mulai dari proses demo sampai produksi, tema juga sudah ditentukan dari awal beserta sound design-nya. Jadi untuk melakukannya menjadi sedikit lebih mudah dengan keterbatasan yang ada, karena nggak dilakukan 100% di studio profesional,” ungkap Julia.

Selain Garry, beberapa musisi Jogja juga turut membantu dalam proses penyelesaian lagu Sekali Lagi. Di antaranya ada Bohemian (drum), Bagas/Korekayu (bass), Ferdy/The Aline (loops/synth), Yustinus Cahyadi/Korekayu (piano, string, synth). Kemudian di departemen visual ada Wawak yang didapuk untuk membuat artwork single Sekali Lagi.

Usai lagu Sekali Lagi, menurut Julia dia akan mencoba merilis kembali lagu-lagu selanjutnya. Tak menutup kemungkinan Julia juga akan mengabadikannya menjadi mini album/EP. “Karena proyek ini sebenarnya sudah dimulai dari tahun lalu dan beberapa lagu lainnya sudah disiapkan,” ujarnya.

Usai mengerjakan proyek solonya, menurut Julia kemungkinan besar dia akan merilis karya baru lagi bersama LaQuena, yang terakhir mengeluarkan album pada 2016 lalu.

“LaQuena akan tetap ada meski bisa dibilang istirahat dulu, karena dengan kesibukan masing-masing personel. Kondisi pandemi ini juga membuat lebih susah untuk berinteraksi dan eksekusi langsung untuk berkarya,” tutup Julia.