Ruangkerjacreative.com – Mengakhiri hubungan memanglah hal yang tidak pernah mudah, meskipun sebenarnya kita tahu keputusan yang tepat adalah untuk pergi. Merelakan relasi dan afeksi yang sudah terjalin sekian lama terhenti begitu saja, rasanya sangatlah rumit dan jalannya tidak selalu mulus. Healing takes time. A lot of it. Namun ketika kita sudah berani untuk melepaskan dan mau memaafkan orang lain maupun diri sendiri, pada akhirnya kita akan pula siap untuk membuka lembaran baru dengan cerita yang baru.

Melalui single ini, Josephine Angelina dan Sebastianus Ferdy mencoba untuk membawakan kisah dua orang yang ragu untuk melangkah kehubungan yang baru setelah sebelumnya harus berpisah. Nada dan liriknya ingin menggambarkan bahwa proses healing tidaklah selalu seperti satu garis lurus. Kita bisa merasa senang, tertarik dengan banyak orang baru, namun masih menyimpan kecemasan dan kesedihan dari pengalaman yang lalu. Rebuilding a broken trust is never easy, but we should take our leap of faith and compromise.

Hampir semua proses penulisan lagu ini terjadi secara tidak sengaja. Angel saat itu masih mencoba untuk fokus di kehidupan karirnya, bersamaan dengan mencoba memulai kembali menjalin hubungan. Sebenarnya, “Leave It Be” adalah lagu yang Angel tulis untuk meyakinkan dirinya sendiri bahwa ‘one bad relationship does not define your future relationships’. Akhirnya, Angel pun mengunggah lagu ini ke Tiktok hingga ditemukan oleh Ferdy lewat For You Page-nya. Ferdy yg saat ini adalah seorang musisi dan musik produser lalu memutuskan untuk menggarap ulang “Leave It Be”. So, here we are! Leave It Be akhirnya diaransemen ulang dengan ambiens Pop RnB, dengan cukup banyak solo gitar elektrik sebagai pemanis hook-nya. 

Lagu ini buat dalam kurun waktu kurang lebih satu bulan, meskipun proses produksinya dilakukan secara jarak jauh. Semua produksi instrumendilakukan oleh Ferdy yang tinggal di Jogja, sementara semua  vokal dan rekaman digarap oleh Angel yang tinggal di Jakarta. Kini Leave It Be akan segera rilis di seluruh platform musik digital pada 22 Oktober 2021!