Jateng pasar yang baik bagi band luar kota, tapi band Jateng justru kesulitan mencari pasar di dikota lain. Kenapa itu bisa terjadi ?, ini hanya sebuah persepsi dan setiap orang pasti punya pendapat dan pemikiran yang berbeda. Kalau menurut saya, yang pertama harus di mulai dari diri kita sendiri untuk lebih bisa menghargai band lokal, karena kita tahu band lokal sebenarnya bagus – bagus tapi mungkin karena media luar Jateng lebih aktif sehingga anak – anak sekarang lebih terespon oleh band – band luar kota.

Kita tidak bisa menyalahkan event organizer / penyelenggara acara, kenapa mereka lebih memilih menampilkan guest star band luar kota, karena semua penyelenggara event musik setiap membuat acara pasti ingin mengundang band yang bisa membawa masa banyak, karena pertimbanganya mereka juga tidak mau rugi, meskipun sebenarnya penyelenggara acara juga ingin sekali memajukan kotanya dengan mengundang band lokal untuk event – event mereka.

Sebenarnya band di Jateng sendiri cukup banyak yang produktif, bahkan karya mereka tidak diragukan lagi. Kita hanya butuh bekerjsama sama, tidak perlu gengsi untuk mensupport band teman kita sendiri, jangan jadikan band teman kita lawan, dengan budaya saling support dan saling menghargai band teman kita sendiri berarti memajukan kota kita sendiri untuk berkembang lebih baik.

Kebanyakan band lokal juga ketika banyak panggungan mereka akan semangat, akan tetapi jika sepi panggungan mereka akan memudar dan tidak produktif padahal disela itu kita bisa memikirkan konsep untuk membuat timeline kedepan, misalkan membuat agenda video clip, rekaman album atau promo radio dan lain – lain. Kenapa band luar bisa dengan cepat menjadi band besar itu karena mereka punya timeline yang baik, mereka memikirkan konsep yang matang dan punya strategi yang baik.

Kita bisa berkembang jika kita bisa membangun ini bersama – sama dengan cara saling support dan lebih bisa menghargai band lokal, kita cukup datang dan membeli tiket sebagai bentuk support pada pergerakan band lokal. Sekali lagi ini hanya sebuah persepsi dari sudut pandang saya, semua orang punya cara pandang yang berbeda.

Oleh @memet_gokil

 

%d bloggers like this: