Ruangkerjacreative.com – Setelah merilis single “langit Dan Senja” pada bulan Juli kemarin, Assalova kembali merilis single “Jalan Cerita” yang merupakan single ke-5 dan menjadi lagu pembuka dari album pertama Assalova yang akan dirilis akhir tahun 2020 ini. “Jalan Cerita” dikemas dengan aransemen yang cukup simple namun bisa mewakili makna dari lagu ini, bagaimana seseorang merasakan sesuatu hal yang baru dalam kehidupan romansanya. Berdebar dalam hati, digambarkan dengan beat dari bass drum di awal lagu, dan perasaan tak menentu yang seperti ‘roller coaster’ digambarkan dengan modulasi – modulasi pada interlude lagu “Jalan Cerita”.

Materi lagu “Jalan Cerita” diambil dari pengalaman pribadi Assalova yang dituliskan dalam sebuah lagu. Menceritakan tentang dua insan yang saling mencintai namun mereka menyadari bahwa mereka tidak bisa bersatu dan suatu saat nanti pasti akan berpisah. Sebelum perpisahan itu benar-benar terjadi, mereka ingin menikmati sisa waktu bersama. Walau harapannya perpisahan itu tidak terjadi namun itu hanyalah sebuah harapan, karena bukan mereka pemegang jalan cerita ini.

“Lagu ini memang berasal dari pengalaman pribadi, dimana aku pernah bertemu dengan ‘soulmate’-ku, tapi karena berbagai halangan dan hal lainnya akhirnya kita ngga bisa bersama lagi. Sedih sih, tapi setelah itu aku mikir, kayaknya banyak orang-orang yang merasakan hal yang sama kayak aku. Dan akhirnya aku memutuskan untuk membuat lagu ini untuk menemani teman-teman yang mungkin sedang merasakan hal yang sama sepertiku.” Ucap Assa kepada Ruang Kerja Creative.

“Jalan Cerita” merupakan karya terbaru dari Assalova di tahun 2020 yang diciptakan oleh Assalova sendiri. Setelah membuat komposisi lengkap dengan liriknya, Assalova dibantu Andrea Bayu sebagai music arranger dan proses rekaman dilakukan di Tracking Studio Purwokerto oleh Budi Buds. Terdapat 3 lagu yang telah dipersiapkan Assalova yang saling berkaitan antara ketiga lagu tersebut, yaitu “Jalan Cerita”, “Fajar”, dan “Langit Dan Senja”. Assalova mencoba untuk mengemas lagu sedih menjadi lagu yang indah untuk dinikmati. Lagu “Jalan Cerita” sudah bisa didengarkan tanggal 20 September 2020 di semua digital platform.

Dan setelah satu minggu dirilis di YouTube, single “ Jalan Cerita” sudah disaksikan lebih dari 6000 pengunjung. Ini merupakan hal yang membanggakan buat karir Assalova, meski dalam kondisi pandemi, sebisa mungkin terus berkarya dan menyiapkan materi baru untuk album yang akan dirilis akhir tahun ini.