Ruangkerjacreative.com – Tahun yang baru, semangat pun baru. Ungkapan yang selalu orang-orang sampaikan untuk memperlihatkan upaya mengejar cita-cita nya di awal tahun. Begitu pun dengan seorang penyanyi sekaligus dokter asal Kota Kembang, Indah Kusuma / @indahkus_yang terus menerus memperlihatkan semangatnya dalam berkarya dan mengejar cita-citanya di kancah industri musik ini.

Seperti diketahui bersama, di awal tahun 2021 ini, Indahkus telah melepas single baru yang ia diberi judul “Mirror, Mirror on the Wall” dalam format audio dan sudah dapat dinikmati melalui digital music platform(Spotify, Apple Music, Deezer, YouTube, dll) sejak Jumat, 26 Februari 2021 lalu. Alih-alih merasa cukup dan menunggu penyebaran karyanya beredar ke seluruh pendengar di seantero negri, dia memutuskan untuk memberikan sebuah alternatif lain dalam menikmati karyanya tersebut. Hanya dibutuhkan waktu 2 minggu, dan akhirnya dia melepas sebuah Music Video (MV) di kanal YouTube pribadinya, tepatnya pada hari Jumat, 12 Maret 2021 lalu.

Bukan tanpa alasan, hal itu ia lakukan untuk lebih menunjukan sudut pandang lain kepada orang-orang bahwa dia bisa dan mampu untuk mengalahkan rasa tidak percaya diri yang dialami, sebuah dampak dari terlalu mengikuti harapan dan komentar orang lain terhadap dirinya bisa dia lawan dan akhirnya bisa dimenangkan.

Berangkat dari gagasan itu, IK Management mengajak bekerja sama dengan Abad21 / @abad21project sebuah Creative Music Agency asal Bandung, untuk mencoba memvisualisasi karya terbaru dari Indahkus tersebut. Hal itu disambut baik oleh pihak Abad21 yang cukup tertarik dengan cerita dan gagasan yang ingin disampaikan. Maka dari itu, proses pembuatan MV ini berjalan dengan cukup lancar dan bisa dikerjakan dalam waktu yang relatif singkat.

“agak gila sih emang, kaget tiba-tiba diminta menulis sama directing MV buat lagu Indah yang baru, mepet juga dia pengen ngeluarin nya deket-deket waktu rilis kan waktu itu tuh, tapi dipikir-pikir ini keren sih lagu nya, yauda lah gow aja sikat deh, kita garap aja lah, mudah-mudahan bisa nyampe ke penonton pesennya nanti”. Ujar Bayu Umbara salah satu tim dari Abad21 yang pada saat itu berperan menjadi Writer & Director dalam pembuatan MV tersebut.

Di dalam MV tersebut hanya terdapat orang pemeran, yaitu Indahkus, namun coba digambarkan menjadi tiga karakter yang berbeda. Hal itu ditandai dari perubahan wardrobe yang dikenakan dalam beberapa adegan di MV tersebut.

“memang kita pengen nunjukin pergulatan batin dari seorang artis perempuan yang merasa tidak percaya diri dan tertekan oleh pandangan dan tuntutan dari orang lain terhadap dirinya, namun ada sisi lain dari dirinya yang merasa hal ini sudah tidak bisa dibiarkan terus berlarut. Jadi 2 karakter itu coba dibenturkan untuk kemudian melebur menjadi sebuah karakter baru yang lebih kuat diakhirnya”. Lanjut Bayu ketika ditanya mengenai apa yang coba diceritakan di dalam MV tersebut.

“Asik sih, prosesnya juga menarik, ya walopun emang waktu jadi kendala kita nomor satu ya, cuman gak bisa dipungkiri juga vibes pas shooting juga menyenangkan soalnya Indah juga enak diajak kerjasama jadi enak aja gitu, malah dia (Indah) banyak ngelawak disana. Ada tuh beberapa dokumentasinya di saya, gatau dikeluarin gak tuh sama dia haha.” Ungkap Gerry Krisnandi yang bertanggung jawab sebagai Director of Photography, Editor & Colorist dalam pembuatan MV tersebut.

Dibalik waktu pengerjaan yang singkat, jeda perilisan yang juga lumayan singkat, hal ini tidak membuat semua pengerjaannya menjadi seada-adanya. Indahkus dan Abad21 mencoba memberikan visualisasi terbaik dari apa yang Indahkus ingin sampaikan dalam karyanya dengan bentuk Music Video tersebut. Besar harapannya agar orang-orang diluar sana yang mungkin merasakan hal yang sama, dan sedang mengalami pergulatan batin yang sama, bisa terus berjuang dan jangan takut untuk membenturkan diri kita dengan sisi dalam diri kita yang lainnya. Karena sebelum jauh mencari penghargaan atau pun cinta dari orang lain, kita harus mencari penghargaan atau pun cinta dari diri kita sendiri.