Ruangkerjacreative.com – New Fork City memasuki babak baru dalam perjalanan bermusiknya. Setelah sebelumnya merilis single ‘Anger Song’ melalui kanal Youtube New Fork City sendiri, Senin 15 Februari 2021 New Fork City kembali dengan single berjudul ‘Sunday’.

Ubay, sang vokalis menerangkan bahwa lagu ini sebenarnya sudah hadir dari tahun 2015 dalam bentuk Entitas Pendek (EP) dengan lirik yang berbeda namun dengan jalan cerita yang masih terbilang sama.

‘Sunday’ menceritakan tentang keresahan seseorang yang hanya memiliki waktu luang satu hari yaitu pada hari Minggu, dengan segala kesibukan pada enam hari sebelumnya, namun dalam satu hari tersebut pun minim waktu untuk sekadar istirahat atau bercengkrama dengan kawan-kawan mengingat masih ada orang-orang yang perlu melaksanakan ritual ibadah, “makin nambah usia, gue gak punya hari lain lagi untuk sekadar nongkrong sama temen-temen” Ubay menambahkan.

Pada proses kreatif, artwork ‘Sunday’ dikerjakan sendiri oleh Lukky Prasetyo yang bercerita “karena menceritakan tentang satu hari, yang dimana enam hari lainnya disibukkan dengan pekerjaan, sekolah, atau kesibukan duniawi lainnya, yang kadang membuat kita lupa mengingat tentang tuhan dan diri kita sendiri. Nah, disimboliskan dengan kegiatan ritual ibadah di hari Minggu (gereja), dengan pictures adalah bangku gereja.”

Sedangkan pada proses produksi yang terpisah, rekaman dilakukan dengan konsep home recording dirumah Ubay sendiri dan bekerja sama dengan Tri Priajaya sebagai audio engineer yang juga mengisi melodi pada lagu ini,

“yang jelas sih, perlu pemanis melodi di lagu ini. Feel reverse dikasih untuk mengesankan rasa penat, pusing menjalani hari-hari sebelumnya dengan membayar ketenangan yg disambut dengan lirik “at the end of the day ” Menjelang dipenghujung lagu, terdapat puisi yang ditulis dan dibacakan oleh Lukky,

 

Hangin on, the edge of burdens Lifelong encumbrances

Callin out for claps and helps The leaver take their chances Crystal clears and shadow grace Violents took the rest

I packs a bag, along with fears And no one should appears

 

Dan efek toa pada bagian puisi tersebut, Tri Priajaya mengatakan “karena lagu ini tentang kemarahan, kegelisahan, dan keresahan yang dikemas dengan komposisi musik yang santai, gue kebayang ini dikasih fx toa karna kemarahan orang-orang demo yang khas adalah suara toa, dan itu sangat berkarakter menurut gue.”

Lagu ‘Sunday’ diaransemen langsung oleh sang vokalis, Ubay yang mengatakan “Jadi sebenernya itu lagu arrnya patternnya udah gua buat tahun 2015, dengan judul sunday juga, liriknya diganti sama Lukky, terus gue tambahin petikan sama melodinya. Soal gaya lebih ke fingerstyle atau classic guitar, jadi arrasement petikannya beda beda tiap part”

Dengan hadirnya lagu ‘Sunday’ Ubay dan Lukky berharap lagu tersebut dapat menjadi lagu pengantar di hari Minggu menuju hari-hari menyibukkan berikutnya.

‘Sunday’ sudah bisa didengarkan diberbagai layanan digital streaming mulai hari Senin, 15 Februari 2021.