Ruangkerjacreative.com –  Ketika makin banyak artis dan grup band beraliran dangdut Jawa bermunculan, ada salah satu duo yang patut dicermati dan tak boleh dipandang sebelah mata. Mereka adalah Satriya Anggun (vokal) dan Tomo Widayat (gitar) yang juga mengibarkan bendera dangdut Jawa baru asal Jogja, Tembang Gula.

Pertama kali berkenalan dengan lagu ‘Tresno Liyane’ pada Januari 2022, kali ini Tembang Gula kembali merilis single kedua bertajuk ‘Aku Maju Kowe Mundur’. Lagu ini tak kalah istimewa dengan karya perdana mereka, sebab ‘Aku Maju Kowe Mundur’ makin terasa matang secara konsep musiknya.

‘Aku Maju Kowe Mundur adalah hasil eksperimen yang menggabungkan dangdut Jawa dengan musik rock ala Amerika. Sejak awal, Tembang Gula memang ingin memberi diferensiasi pada genre dangdut Jawa. Mereka mencoba menambahkan unsur genre yang sekiranya selama ini belum banyak diolah oleh para musisi dangdut Jawa lainnya.

“Kalau single pertama ‘Tresno Liyane’ lebih bernuansa pop 80’s seperti David Foster, kali ini di ‘Aku Maju Kowe Mundur’ kami lebih total, sangat kental dengan balutan musik rock 80-an seperti Van Halen, Journey, Bon Jovi, dsb,” ujar Tomo Widayat mengawali.

Menurut Satriya Anggun dari departemen lirik, lagu tersebut menceritakan hubungan tanpa status yang tidak seimbang. Ada seseorang yang mencintai dengan tulus berharap hubungannya berlanjut ke jenjang lebih serius, tapi apa daya ternyata pasangannya hanya bermain-main dan memanfaatkannya saja. “Jadi seseorang jatuh cinta pada wanita pujaan hatinya tapi tak ditanggapi dengan jelas, ditarik ulur, dan selalu digantung dengan harapan yang palsu,” ujar Satriya.

Soal proses penggarapannya, ‘Aku Maju Kowe Mundur’ ini juga digarap secara kolaboratif. Produksi dan aransemen lagu digarap langsung oleh Tomo di studio KebonTomo. Isian cak-cuk dibantu oleh Bangun Ardi, kendang dibantu oleh Niko Faisal session player Ndarboy Genk, mixing-mastering oleh Tutoet Daru di Taman Tutoet. Sedangkan video klip digarap Bagoes Kresnawan bersama rekan-rekan kreatif dari Gas.id.

 

“Dalam video klip ‘Aku Maju Kowe Mundur’ kami juga mengajak Agib Tanjung (Alterego, Roket) pada bass, Bangun Adjie (Produk Gagal) pada drum, Rahadhita Arumtaka (Rendramahatma) pada kibor, dan Uqi Irsyad pada kendang. Tujuannya agar lagu ini semakin terasa lebih berenergi ketika dinikmati secara visual,” kata Tomo.

‘Aku Maju Kowe Mundur’ dirilis pada Jumat 26 Agustus 2022 dengan format video klip di YouTube. Format audionya juga bisa langsung dinikmati di berbagai gerai musik digital seperti Spotify, Apple Music, Joox, Deezer, dll, pada waktu yang sama.

%d bloggers like this: